Rabu, 20 April 2011

VB Pemula - Step 4 : METHOD


Method??? Aduh... Apa lagi ini??? Kebanyakan istilah niiiih. Eits...! Jangan stres dulu. Anda tidak perlu merasa terbebani dengan banyak istilah-istilah yang aneh-aneh.... Yang penting adalah PRAKTIKNYA, karena ini adalah ilmu praktis. Lanjut....
Anda masih ingat tentang objek? Lupa? Coba baca lagi tutorial sebelumnya kalau begitu. Sebuah objek memiliki 3 hal. Yaitu:
a. Property
b. Event
c. Method
Untuk Property dan Event, sudah kita bahas dan dipraktikkan pada tutorial sebelumnya. Sekarang, giliran yang ketiga, yaitu Method.
Apa itu Method?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, mari kita kembali analogikan dengan mobil. (masih ingat dengan analogi mobil dengan property pada tutorial sebelumnya?). Mobil juga memiliki Method. Methodnya adalah Buka Pintu, Berhenti, Maju, Mundur, dll. Jadi, inilah yang disebut dengan Method. Method adalah “kegiatan” yang dilakukan OLEH objek. Ini berbeda dengan Event yang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh user terhadap objek.


Contohnya:
Sebuah form memiliki method: Show, Hide, Move. (ketiga method ini paling sering digunakan)
Sekarang, bagaimana dengan strukturnya? Untuk menuliskan method, sama dengan Property. Bedanya, kita tidak memerlukan nilai. Jadi cukup dituliskan begini:
.
Jika Method memerlukan embel-embel, strukturnya jadi seperti ini:
. , , ..... dst.
Anda pasti tidak mengerti apa yang dimaksud dengan “embel-embel” kan? Adakalanya suatu Method memerlukan SYARAT TERTENTU. Ga ngerti? Kita lihat contoh saja...
Form1.Show
Perintah di atas, berfungsi untuk memunculkan form. Form akan muncul begitu saja tanpa syarat apapun.
Jika kita menggunakan perintah:
Form1.Move
Perintah ini berfungsi untuk memindahkan form. Tapi, tentu saja perintah ini ada yang kurang. Apa hayo??? Apa yang kurang??? Embel-embel??? Ya, tepat sekali. Tapi embel-embelnya apa? Tentu saja POSISI/KOORDINAT dari form itu kan? Anda tidak bisa hanya mengetikkan perintah di atas tanpa memberitahukan posisinya. (Mau dipindahkan ke mana hayo?)
Jadi, kita tambah embel-embel posisi, seperti ini:
Form1.Move 0,0
Ini fungsinya memindahkan form ke paling atas, paling kiri. (dalam Visual Basic, penentuan posisi suatu objek ditentukan dari atas(Top) dan kiri(Left)). Sebenarnya, method .Move mempunyai 4 embel-embel. Bisa dilihat pada ToolTip yang muncul pada saat kita mengetikkan kode.





Dari tooltip yang muncul, kita bisa tahu Method Move, rumusnya adalah:
.Move , , ,
Jadi, method move ternyata bukan hanya untuk memindahkan posisi objek, tetapi juga untuk mengubah ukuran objek.
Sudah dulu teorinya, mudah-mudahan Anda paham. (yang penting adalah pemahaman, bukan hafalan). Sekarang, kita mencoba membuat sebuah program menggunakan Method.
1. Buatlah sebuah Project baru dengan tipe Standard .EXE
2. Buatlah UI (User Interface) seperti berikut ini! (1 buah ComboBox, 1 buah ListBox, dan 3 buah CommandButton).



3. Untuk Name masing-masing objek, biarkan saja seperti aslinya. Sedangkan caption, ukuran, warna, itu terserah Anda. Untuk ComboBox, pada bagian Property Text dikosongkan saja. (hapus tulisan “Combo1”-nya!)
4. Mari berkode ria!! Tambahkan kode berikut ini saat Form1_Load
Combo1.AddItem "Mangga"
Combo1.AddItem "Apel"
Combo1.AddItem "Jeruk"
Combo1.AddItem "Melon"
Combo1.AddItem "Semangka"
Saat Form_Load, Combo1 akan menambahkan item. (“Mangga”, “Apel”, “Jeruk”, “Melon”, “Semangka”)
5. Lalu tambahkan kode berikut saat Command1 (atau tombol “Add”) diklik:
List1.AddItem Combo1.Text
Ini berfungsi untuk menambahkan item pada List1 sesuai dengan item yang terpilih di Combo1.
6. Sedangkan saat Command2 (tombol “Delete”) diklik:
List1.RemoveItem List1.ListIndex
Jika user menekan tombol ini, List Item yang dipilih akan hapus. (Catatan: jika user tanpa memilih item pada List1, maka akan terjadi Error. Untuk cara mengatasi error akan dibahas pada tutorial 6.)
7. Saat Command3 (tombol “Clear”) diklik:
List1.Clear
Jika user menekan tombol ini, semua item pada List1 akan dihapus.





8. Cobalah menjalankan program Anda!
Sekian pembahasan mengenai Method. Selanjutnya kita melangkah ke Variabel, Tipe Data, dan Operator. Selamat berkreasi... ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar