Selasa, 26 April 2011

VB Pemula - Step 11 : Perintah DO LOOP


Perintah pengulangan kedua yaitu DO .... LOOP. Perintah pengulangan inilah yang sering digunakan. Perintah DO....LOOP ada dua macam. Yaitu:
a. DO ...... LOOP UNTIL .....
b. DO ...... LOOP WHILE .......
Jika kita terjemahkan secara bahasa, artinya seperti ini:
a. Lakukan ...... ulang sampai ......
b. Lakukan ....... ulang selagi .......
Dari terjemahannya saja Anda pasti sudah tahu fungsinya kan? Strukturnya adalah sebagai berikut:
DO

LOOP UNTIL
Atau:
DO

LOOP WHILE
Agar lebih mengerti, langsung contoh saja yuk.... Kita akan membuat program yang setipe dengan program yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya.
1. Buatlah sebuah project baru dengan tipe Standard EXE.
2. Pada saat Form1_load, tambahkan kode berikut:


Do
i = i + 1
MsgBox "Ini adalah pengulangan ke " & i
Loop Until i = 5

3. Anda bisa menerjemahkannya sendiri bukan? Tidak bisa? Baiklah.... Artinya, program akan melakukan perintah i = i + 1 dan MsgBox “Ini adalah pengulangan ke ” i sampai i = 5. Setelah i > 5, kerdua perintah tersebut berhenti dilakukan. Ngerti?
4. Anda bisa menjalankan programnya sendiri agar lebih mengerti. Sekarang, bagaimana dengan menggunakan DO ..... LOOP WHILE ??? Kita modifikasi kodenya menjadi seperti berikut:
Do
i = i + 1
MsgBox "Ini adalah pengulangan ke " & i
Loop While i < 5 5. Anda bisa menerjemahkannya sendiri kan??? Bisa lah... Saya percaya... ; ) Perintah DO....LOOP ini sering digunakan dalam pengacakan (nanti akan dipelajari di tingkat mahir dalam proses pembuatan software kuis dengan database). Sekian penjelasan tentang DO ..... LOOP. Tidak begitu sulit bukan....? Selanjutnya kita akan membahas tentang perintah pengulangan terakhir, yaitu WHILE ..... WEND. Selamat belajar.... ; )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar