Rabu, 20 April 2011

VB Pemula - Step 1 : PENDAHULUAN


Tak kenal, maka tak sayang. Sebelum belajar, torang musti tau dulu apa itu VB.
Pertama-tama, minjo torang flashback ulang …. Yuk..yak…Yuuuuukkkk!!!
Mungkin torang sering membuka suatu software. (hah... bukan mungkin lagi, tapi so pasti!). truzz, apa yang torang me beking dengan software tersebut? Pastinya torang mo pake sesuai dengan fungsinya, butul toh? (ya iyalah!) Bagaimana software itu menjalankan fungsinya? Torang musti PERINTAH, nah nanti itu software mo bajalang sesuai dengan apa yang torang suruh dengan sukarela.
Tapi, software BUKAN manusia.... biasanya dia nda mo jalankan apa yang torang perintahkan. Itu noh yang disebut dengan istilah ERROR....
Jadi, for mo beking program, sangat erat depe kaitan dengan perintah dan logika. Yang dimaksud dengan logika ituh.... contoh: Jika user (pengguna program) memberikan perintah A, program akan melakukan a. Jika user memberikan perintah B, program akan melakukan b. Jika user memberikan perintah yang tidak bisa dilakukan program, program akan "error".
So pasti, kalo program banyak skali depe error, pasti user mo bamarah.... Karena itu, for meminimalisasi terjadinya error, seorang programer harus MEMPERHITUNGKAN SEMUA KEJADIAN. Kira-kira, apa kang yang user mo beking dari program yang torang buat ??, dan torang musti membuat AKSI pada setiap user memberi perintah.


Apa so itu Visual Basic?

Pada hakikatnya Visual Basic itu adalah salah satu bahasa pemrograman. Suatu "bahasa" (kode) yang dibaca komputer saat user mo kase perintah. Bukannya torang perlu bahasa supaya bole mo bacirita kong ta sambung deng orang lain? Dan tentu saja bahasa yang torang pake orang lain ley mangarti. Sabantar nda mo tasambung tu crita.... Nah.... komputer ley bagitu, sama deng manusia. Untuk menjalin komunikasi deng komputer, torang musti pake bahasa yang komputer mangarti. Visual Basic adalah salah satunya.
Visual Basic itu sendiri merupakan hasil pengembangan dari bahasa pemrograman BASIC. Selain Visual Basic, ada ley bahasa yang laeng, seperti Pascal (skarang so jadi Delphi), C++, Java, dll.
Tentunya torang so tau, bahasa apa yang torang mo bahas ini. (Ya Visual Basic laah, masa bahasa mongondow ?? ....)

Aplikasi berbasis GUI??

Ngoni tau nda istilah GUI?? GUI singkatan dari Graphic User Interface. yaitu program yang terdiri dari objek-objek grafikal (seperti tombol, textbox, checkbox, scrollbar, form, dll). Dulu sebelum ada GUI, program komputer masih berbasis CUI (Character User Interface), misalnya DOS. Setiap torang kase perintah, torang musti mo ketik itu perintah(dalam bentuk karakter). Tapi, skarang so gampang toh? Torang tinggal mo AKSI pada objek-objek yang ada. (misalnya mengklik tombol), program ley akan jalankan torang pe perintah dengan senang hati... Jadi, merasa beruntunglah, karena torang dilahirkan di era teknologi serba canggih dan praktis. ; )
Lanjut....
Jadi, Visual Basic itu berfungsi for mo beking program yang object oriented ....

IDE Visual Basic 6

Setelah torang tau apa itu VB, ada baiknya torang kenali dulu bagaimana VB pe tampilan. Ini dia....




Penjelasan:
1. ToolBox => for mo sisipkan objek ke dalam form
2. MenuBar
3. ToolBar
4. Form
5. Project => sebagai "peta" dari project yang dibuat. Kiapa kong pake peta? Karena adakalanya torang mo beking program lebih dari 1 form.
6. Properties => tempat mengatur property objek. (Nanti torang mo bahas tentang Property.)
7. Form Layout => untuk menampilkan kedudukan form pada layar monitor.

Bagian-bagian ToolBox

ToolBox adalah toolbar yang berfungsi for mo sisipkan objek-objek. Berikut ini adalah bagian-bagiannya.... Jreng-jrengg.....~

Keterangan: (dimulai dari kiri atas, berurutan, dan mendatar terlebih dahulu)
a. Pointer => bukan objek, fungsinya cuma untuk move dan scaling objek aja.... Mirip seperti fungsi Move pada Photoshop.
b. PictureBox
c. Label
d. TextBox
e. Frame
f. CommandButton
g. CheckBox
h. OptionButton
i. ComboBox
j. ListBox
k. HScrollBar
l. VScrollBar
m. Timer
n. DriveListbox
o. DirListBox
p. FileListBox
q. Shape
r. Line
s. Image
t. Data
u. OLE

Apa ley kang yang torang mo bahas? Untuk Pendahuluan kayaknya so cukup kang ??.
Selanjutnya nanti torang mo bahas tentang object-object yang sering digunakan dalam membuat program.
Tunggu tanggal mainnya …..

1 komentar: